Thursday, April 5, 2018

Sejarah menarik dibalik permainan OUIJA



Papan Ouija mulai dipakai dan digunakan pada tahun 184o yang digunakan oleh paranormal dan okultis sebagai salah satu media pemanggilan roh atau salah satu cara berkomunikasi dengan para arwah.

Seseorang bernama Charles Kennard memiliki ide untuk mengembangkan papan tersebut menjadi mainan. setahun berikutnya setelah produksi, hak paten nama Ouija ia kantongi dengan menyebut bahwa kata Ouija berasal dari Mesir kuno yang memiliki makna keberuntungan. 

Sepuluh tahun kemudian, William Fuld seorang karyawan yang bekerja di perusahaan Kennard pun mengambil alih produksi papan Ouija dengan tetap memakai nama tersebut. Anehnya berbanding terbalik dengan Kennard, Fuld justru menyebutkan bahwa kata asal Ouija berasal dari gabungan bahasa Prancis dan Jerman “oui + ja” yang secara etimologi berarti “ya”.

Setelah hampir lebih dari satu dekade papan Ouija diproduksi dan berkembang pesat, William Fuld mulai mengembangkan pabriknya di tahun 1917. William Fuld mengatakan bahwa bisnis papan Ouija ini memang sudah saatnya untuk diperluas dan merajai industri bisnis di Amerika Serikat. Fuld pun mengawasi langsung pembangunan pabriknya tersebut bahkan tak jarang ikut terjun langsung ke lapangan. Namun, kejadian tragis menimpa pemilik hak paten papan Ouija selama berpuluh-puluh tahun itu. William Fuld jatuh dari atap pabrik dan mengalami patah pada beberapa bagian tulangnya serta gegar otak yang cukup parah. Dihari yang sama, William Fuld pun menghembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit yang dekat dengan lokasi pabriknya setelah diketahui bahwa tulang rusuknya yang mengalami patah menusuk jantungnya!.

Kematian William Fuld yang saat itu dianggap mendadak meski juga bisa dikatakan sebagai kecelakaan kerja ternyata menyimpan misteri bagi orang-orang yang ditinggalkannya.  

Salah satunya yang paling terkenal dan hingga saat ini masih belum terpecahkan adalah terkait dengan pesannya kepada anak-anaknya sebelum kematian menjemputnya. Diatas ranjang rumah sakit, di waktu-waktu kritis setelah ia mengalami gegar otak parah dan tulang rusuk yang patah serta menancap pada jantungnya, Fuld meninggalkan pesan yang terdengar cukup aneh kepada anak-anaknya. Pesan tersebut adalah perintah Fuld kepada anaknya agar berjanji untuk tidak pernah mengambil alih, meneruskan atau merintis sendiri bisnis penjualan papan Ouija!





.


Related Posts

Sejarah menarik dibalik permainan OUIJA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.